Minggu, 04 Desember 2011

Love Your Self

Saudara, sebenarnya Tuhan tidak hanya memerintahkan kita untuk hanya mengasihi Tuhan ataupun sesama kita, namun Tuhan juga memerintahkan untuk kita mengasihi diri sendiri. “…Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri…” (Markus 12:31), itu berarti bahwa kita juga mengasihi diri sendiri bukan? Kalau kita mau mengasihi orang lain namun kita sendiri tidak memulai dari diri kita sendiri, maka kita belum memenuhi hukum kedua yang Tuhan perintahkan. Namun mengasihi diri disini berbeda dengan mengasihani diri sendiri, mengasihi berarti merawat dan menjaga diri kita. Seperti halnya jika kita mengasihi ibu kita, kita pasti akan menjaganya bukan? Lalu bagaimana caranya untuk kita mengasihi diri sendiri?? Berikut adalah hal-hal yang perlu kita lakukan untuk mengasihi diri.
Jangan Pernah Memusuhi Diri Sendiri
Memusuhi diri sendiri? Itu hal yang mustahil bukan? Namun sebenarnya seringkali tanpa sadar kita telah memusuhi diri sendiri. Memang bukan dengan cara menyakiti diri dengan pisau atau apapun yang bisa melukai kita. Sebenarnya kita melakukan dosa itu adalah hal yang bersifat memusuhi diri sendiri. Bagaimana tidak? Bukankah upah dosa adalah maut bukan?(Roma 6:23). Jika kita melakukan dosa maka sama saja kita menyiapkan diri kita untuk mendapatkan maut. Dengan cara seperti itulah tanpa sadar kita telah memusuhi diri kita sendiri. Seorang Raja akan melakukan hal yang dapat mengalahkan musuhnya, begitu pula kita, jika kita melakukan dosa, maka sama saja kita mengalahkan diri kita sendiri dengan menyerahkan diri kita kepada maut. Jadi melakukan dosa adalah hal yang dapat membuat kita memusuhi diri kita sendiri. Mari berhenti berbuat dosa dan lakukan hal yang benar dihadapan Tuhan, kasihilah diri kita 
Rawatlah Tubuhmu
Tubuh kita adalah bait Roh Kudus (1 Korintus 6:19), maka dari itu kita harus menjaga tubuh kita. Menjaga tubuh tidak hanya dilakukan dengan berdandan atau mempercantik penampilan luar. Namun kita juga harus menjaga bagian dalam hidup kita. Jangan merokok, mengkonsumsi narkoba, minum minuman keras atau hal lain yang dapat merusak organ tubuh kita. Berolahraga dengan teratur untuk merawat tubuh jasmani kita agar sehat. Berdoa dan merenungkan firman Tuhan setiap saat agar tubuh rohani kita juga tetap sehat.
Hidup Kudus
Mengasihi diri sendiri dapat dilakukan dengan cara hidup kudus. Mengapa demikian? Karena dengan hidup kudus maka kita akan sehat secara rohani. Untuk mengasihi diri sendiri tidak cukup hanya sehat fisik saja, namun yang terpenting adalah hidup kudus. Roh Allah adalah Roh yang kudus, dan Ia hanya dapat tinggal di tempat yang kudus. “Orang muda dapat menjaga hidupnya tak bercela kalau ia hidup menurut perintah-Mu” (Mazmur 119:9, versi Bahasa Indonesia Sehari-hari). Beberapa orang berkata adalah hal yang sangat sukar untuk hidup kudus tak bercela dihadapan-Nya, bahkan hal yang tak mungkin, karena kita masih hidup di dalam daging. Tetapi firman-Nya berkata kalau kita hidup menurut perintah-Nya, maka hidup kita tidak akan bercela dihadapan-Nya. Dengan menjaga kekudusan hidup kita, maka kita menjauhkan diri kita dari dosa, dan ini merupakan salah satu tindakan dalam mengasihi diri.
Nah, sekarang kita sudah tahu kenapa kita harus mengasihi diri kita, dan bagaimana kita dapat mengasihi diri kita sendiri. Mari kita akan mengasihi diri kita sendiri, kemudian kita kasihi orang lain seperti kita mengasihi diri kita sendiri. Love your self!!

Author : Danang TS - GSM Super Kids EL Adonnai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel ini bisa dikomentari melalui kotak dibawah ini

Pengikut Akun Facebook

Pengikut akun Twitter atau Blogger