Minggu, 08 Mei 2011

Mengapa, Bagaimana dan Kapan Saya Harus Berdoa ?

Saya paling senang berbincang dengan teman saya. Karena dari perbincangan itu timbul ide- ide segar untuk membuat artikel. Seringkali ide itu timbul dari perbincangan sederhana. Pada saat itu kami berbincang tentang “dimanakah saya harus berdoa ? “. Timbul keinginan saya menulis artikel tentang doa. Anda juga dapat membaca di Lukas pasal 11 tentang doa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus yaitu Doa Bapa Kami.

Dimanakah saya harus berdoa ?

Saudara pasti pernah berdoa pada suatu tempat seperti digereja, dalam sebuah kamar, di meja makan, di tempat pemakaman dan lain lain. Mari kita buka Matius 6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu". Mat 21:13 "Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa….”

Di ayat ini menjelaskan apabila kita berdoa sebaiknya cari tempat yang tenang agar kita bisa fokus berdoa karena suasana duniawi membuat anda tidak dapat fokus. Berdoalah dimana anda bisa membangun hubungan kepada Tuhan. Pada Intinya adalah : Tuhan tidak mau suasana duniawi terbawa saat kita berdoa karena doa itu kudus. Bangunlah hubungan dengan Tuhan saat berdoa.

Mengapa saya harus berdoa ?

Yer 29:12 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu;

Mungkin saudara pernah bertanya dalam hati tentang hal tersebut. Saudara berdoa untuk membangun hubungan dengan Tuhan. Dengan berdoa, saudara dapat mencurahkan hati saudara kepada Tuhan. Banyak orang berpikir bahwa doa itu untuk meminta sesuatu kepada Tuhan, ya, itu tidak salah. Namum doa tidaklah sedangkal itu, doa adalah untuk membangun hubungan dengan Tuhan.

Doa yang terkabul dan tidak terkabul

1Yoh 5:14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.”.

Yohanes 15:7 "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya".

Tuhan tahu yang terbaik dan terindah buat kita. Jadi apabila kita menginginkan sesuatu Tuhan akan mengabulkan doa kita apabila keinginan itu kita imani dan keinginan harus bertujuan untuk memuliakan Tuhan. Tuhan akan mengabulkan keinginan saudara sesuai dengan waktu Tuhan dan rencana Tuhan untuk anda. Kemudian pada yohanes 15 : 7 berisi tentang syarat doa yang didengar oleh Tuhan yaitu apakah keinginan saudara untuk memuliakan Tuhan ? apakah saudara sudah bersandar kepada firman Tuhan ?.

Doa bukan untuk pamer dan untuk menghakimi

Mari kita baca di Matius 6:5 "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang….”.

Luk 18:11 “Orang Farisi itu berdiri dan berdoa …..Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim,…..”

Doa bukanlah suatu hal yang harus dipamerkan. Doa bukanlah suatu hal dimana doa kita harus dilihat banyak Orang. Ingat saat berdoa anda merendahkan hati saudara kepada Tuhan. Adalah salah apabila kita berdoa untuk mengutuk, menghina, menghakimi seseorang dan mendesak keinginan kita kepada Tuhan.

Apakah yang harus saya lakukan saat berdoa ?

Mrk 11:25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang….”

Kol 1:3 “Kami selalu mengucap syukur kepada Allah …setiap kali kami berdoa untuk kamu”

Yang harus anda lakukan pertama kali saat berdoa adalah mengucup syukur kepada Tuhan, merendahkan hati, mengampuni kesalahan orang lain.

Apakah saya harus mendoakan orang lain ?

1Tim 2:1 “….. Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang,

Oh ya tentu saja anda harus mendoakan orang lain !. Doakanlah saudara anda, doakanlah keluarga anda, dan lain lain. Kita meendoakan orang lain agar menjadi saluran berkat.

Kapan saya harus berdoa ?

Rm 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!.

Setiap saat saudara harus berdoa !. Saudara mau makan atau menerima berkat maka anda harus berdoa mengucap syukur. Saudara memulai aktifitas maka anda harus berdoa, saudara mau tidur maka saudara harus berdoa agar Tuhan melindungi anda. Doa sebaiknya merupakan langkah awal dan langkah akhir. Kalau anda baca Markus 1 :35, Tuhan Yesus bangun pada dini hari (pagi- pagi benar) untuk ke suatu tempat yang sunyi dan berdoa. Oleh karena itu sebaiknya anda berdoa saat di pagi- pagi benar saat mengawali hari yang baru karena pada saat itu Roh kita segar dan peka.

Oleh karena itu berdoalah. Karena dengan berdoa Iman saudara dikuatkan. Sama halnya anda bernafas, doa adalah nafas kita kepada Tuhan. Bukan berarti kita berdoa 24 jam. Sama halnya kita makan dan minum lakukan sewajarnya saat berdoa. Saat anda memulai dan mengakhiri aktifitas maka berdoalah. Jadi ingatlah Hal hal yang perlukan saat berdoa adalah : Doa melibatkan hati, hasrat untuk dekat kepada Tuhan, doa harus penuh dengan kerendahan hati kepada Tuhan. Kita tidak boleh mengucapkan kata-kata kotor saat berdoa. Doa melibatkan Iman.

Yak 5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel ini bisa dikomentari melalui kotak dibawah ini

Pengikut Akun Facebook

Pengikut akun Twitter atau Blogger