Minggu, 28 Agustus 2011

Rumahku Istanaku

Saat liburan sering kali kita menfaatkan untuk berjalan-jalan atau setidaknya pergi keluar rumah tidak banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah, padahal ada istilah yang menyatakan “Rumahku, Istanaku” atau lebih ekstrim lagi “Rumahku, Surgaku”. Orang yang merantau selalu rindu dengan suasana rumah, tapi mengapa seringkali justru kita tidak betah dirumah? Bagaimana caranya supaya kita bisa betah tinggal di rumah? Berikut ada tips yang dapat kita terapkan agar kita benar-benar merasa bahwa rumahku istanaku :

1. Buatlah sesuatu yang menyenangkan atau menenangkan hati untuk diletakan di rumah, sebisa mungkin letakan ditempat yang dapat dilihat setiap saat. Akan lebih baik jika itu adalah hasil karya sendiri karena akan menimbulkan rasa bangga saat melihatnya. Dampaknya akan membuat kita lebih betah dirumah dengan hiasan rumah buatan sendiri.

2. Atur ulang posisi barang-barang dalam rumah, usahakan semua barang berpindah tempat (bisa dimulai dari kamar pribadi kita). Hal ini yang akan membuat kita “pangling” dengan setiap ruang dalam rumah kita sehingga kita akan lebih suka berlama-lama dirumah untuk beradaptasi dengan perubahan yang kita lakukan.

3. Lebih mudah jika kita memiliki kamar pribadi : warnailah tembok kamar dengan warna kita dan hiasilah dengan pernak-pernik atau apapun yang kita sukai. Tapi jika harus berbagi kamar dengan orang lain : letakan sesuatu yang kita sukai (mungkin hoby kita atau boneka bagi perempuan) didalam kamar. Jika perlu, berikan wangi-wangian yang kita suka dan yang paling penting usahakan kamar selalu rapi dan bersih.

4. Jika ada sesuatu yang membuat kita nyaman dirumah, pasti akan membuat kita betah tinggal dirumah. Milikilah sesuatu yang membuat kita bisa “bermanja-manja” (Misalnya : bantal yang empuk atau alat pijat elektrik). Sejenak memanjakan diri setelah beraktifitas tidak ada salahnya kan?

5. Tingkatkan kegemaran membaca atau mulailah hobi baru seperti “MEMASAK”, hobi yang dapat dilakuan di dalam rumah.

6. Buatlah suasana rumah senyaman mungkin. Adanya cinta kasih antara anggota keluarga dan rasa humor akan membuat suasana hangat sehingga setiap penghuninya merasa betah dirumah. Hindari pertengkaran atau perselisihan adalah hal yang terbaik.


(Author : Yani Setiarsih - Sekretaris SM Superkids)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel ini bisa dikomentari melalui kotak dibawah ini

Pengikut Akun Facebook

Pengikut akun Twitter atau Blogger