Jumat, 19 Agustus 2011

Tips Menyampaikan Firman Tuhan Bagi Pemula

Saudara, saya sangat senang sekali mempelajari kebenaran Firman Tuhan. Semenjak saya belajar melayani Firman di gereja ini, saya sangat antusias sekali dan belajar banyak hal dari pelayan – pelayan Tuhan yang lain. Berikut ini saya berikan beberapa tips dalam menyampaikan Firman Tuhan :

1. Berdoalah. Gumulkan, cari tahu apa yang menjadi isi hati Tuhan yang ingin disampaikan kepada jemaat. Bila perlu, ambil waktu untuk berpuasa. Menyampaikan Firman bukan sekedar menjabarkan ayat, tapi benar – benar cari tahu apa isi hati Tuhan.

2. Biasakan bersaksi. Dengan bersaksi Anda akan terbiasa berbicara dengan lancar. Sebenarnya menyampaikan Firman Tuhan sama seperti bersaksi. Selain itu, durasi Anda akan menjadi bertambah lama, namun tetaplah dalam pimpinan Roh, karena terlalu banyak bersaksi malah esensi Firman Tuhan nanti tidak tersampaikan.

3. Persiapkanlah diri Anda minimal seminggu sebelum menyampaikan Firman Tuhan, apabila Anda menyiapkan Firman Tuhan sehari sebelumnya pasti akan kerepotan.

4. Bagi pemula, saat menyampaikan Firman Tuhan jangan melihat jam, karena itu akan membuat konsentrasi pecah. Anda harus punya prinsip kitalah yang mengatur jam, bukan sebaliknya.

5. Jangan pasang target langsung harus bisa menyampaikan Firman Tuhan selama 45 menit. Bagi pemula Anda harus pasang target cukup selama 10 menit. Kalau Anda langsung pasang target langsung 45 menit, Anda nanti malah akan bingung dan grogi dalam menyampaikan FT.

6. Buat konsep dan topik Firman Tuhan secara tertulis di kertas, ini akan membantu Anda dalam menyampaikan Firman. Anda juga bisa memakai media lain seperti slide, atau pun memakai OHP.

7. Jangan menggunakan metode menghafal karena itu akan membuat gagap saat berbicara. Buatlah penyampaian Firman Tuhan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh jemaat.

8. Perluaslah wawasan Anda dan teruslah belajar.

Demikian tips yang bisa saya berikan, semoga dapat memberkati Saudara semua. Mari lebih semangat lagi melayani Tuhan dan beritakan FirmanNya sampai ke bangsa – bangsa! Tuhan memberkati!


Author : Tonino Andre DW - Mahasiswa FTI UKSW

4 komentar:

Artikel ini bisa dikomentari melalui kotak dibawah ini

Pengikut Akun Facebook

Pengikut akun Twitter atau Blogger